Kamis, 07 Januari 2016

Undangan Natal

bagaimanakah sikapmu jika diundang tetanggamu untuk menghadiri acara Natal di rumahnya?
Hukum Menghadiri Undangan Natalan
fatwa dari Dr. Abdullah Jibrin,

لا يجوز الاحتفال بالأعياد المبتدعة كعيد الميلاد للنصارى ، وعيد النيروز والمهرجان ، …. ، ولا يجوز الأكل من ذلك الطعام الذي أعده النصارى أو المشركون في موسم أعيادهم

Tidak boleh merayakan hari raya yang tidak diajarkan dalam islam, seperti hari raya orang nasrani, atau hari raya Nairuz dan Mihrajan,… tidak boleh menikmati makanan yang disediakan orang nasrani atau orang musyrikin untuk pesta hari raya mereka.

ولا تجوز إجابة دعوتهم عند الاحتفال بتلك الأعياد ، وذلك لأن إجابتهم تشجيع لهم ، وإقرار لهم على تلك البدع ، ويكون هذا سبباً في انخداع الجهلة بذلك ، واعتقادهم أنه لا بأس به ، والله أعلم .

Tidak boleh juga menghadiri undangan mereka untuk merayakan hari raya mereka. Karena menghadiri perayaan mereka, termasuk mendukung mereka dan menyetujui ritual yang mereka lakukan. Disamping ini akan menjadi sebab, sebagian orang yang tidak mengerti menjadi tertipu dengan tindakan itu, dan mereka meyakini bahwa itu dibolehkan. Allahu a’lam.

[al-Lukluk al-Makin min Fatawa Ibnu Jibrin, hlm. 27]

Berdasarkan keterangan di atas, kita sebagai umat Islam sebaiknya menolak undangan ittu secara baik-baik

1 komentar:

  1. Welcome to the Casino, hotel & restaurants near Las Vegas
    This is a fun and exciting 제천 출장샵 time for travelers and visitors to Las 영주 출장마사지 Vegas and Las Vegas. 나주 출장샵 We have the best hotel rates 사천 출장샵 in 부산광역 출장샵 Vegas.

    BalasHapus